Home » » Macam-macam / Jenis Jin

Macam-macam / Jenis Jin


Tahukah anda ternyata Jin itu banyak jenisnya...
Berikut rinciannya.
1. Al-Jan
Jenis yang pertama ini adalah pengertian secara umum, yaitu jenis jin yang berpotensi seperti layaknya manusia. Jin ada yang berkelamin jantan adapula yang betina. ada jin muslim adapula yang non muslim. jin juga membutuhkan makan,minum,tidur,bersenggama dan sebagaimya.Walhasil jin pada kategori Jan tidak bedanyadengan manusia pada kategori Al-Ikhsan.
2. Al-A'mir
Acapkali disuatu tempat, dikamar mandi,dirumah,atau dimanapun. ada suara atau bebunyian yang menirukan perbuatan manusia. Seperti halnya ada suara orang wudhu atau orang mandi. Padahal dikamar mandi tersebut tidak ada siapa-siapa. Hal ini bisa jadi perbuatan Jin pada kategori Al-A'mir. Maka tidak jarang oreng menyebutnya sebagai setan tek-tek. karena memang Jin jenis ini suka meniru-nirukan perbuatan atau kebiasaan manusia dengan maksud menakut-nakuti atau sekedar kegemarannya belaka.
Al-A'mir juga terkadang mengikuti orang yang sedang membaca,bernyanyi dan sebagainya atau mengikuti orang yang sedang sholatdibelakangnya. Kita tidak usah takut karena bisa jadi maksud dia tidaklah jahat,hanya ingin menjadi ma'mum atau ingin belajar membaca atau bernyanyi.
3.Al-Ifrit
Ifrit adalah jenis jin yang berpotensi sebagai pembantu atau khodam bagi manusia. dalam hal ini ada yang muslim dan baik, yang tentunya bisa mengkhodamkan dirinya pada manusia yang muslim dan baikpula. Bagi mereka yang mampu menguasai jenis jin seperti jin Ifrit yang mampu mengangkat istana Ratu Bilqis dan mengabdikan dirinya pada Nabi Sulaeman As.
Adapula Ifrit yang berperilaku jahat dan kafir yang biasa dimanfaatkan oleh para tukang sihir dan dukun. seperti Ifrit-ifrit yang bekerjasama dengan pesihir terkemuka amerika David caverfill.
4. Al-Arwah
Jenis jin yang keempat inilah yang biasa menggoda dan menggangu manusia. terkadang Al-Arwah menjelmakan dirinya seperti orangtua kita yang sudah meninggal, atau sebagai dedemit dan sebagainya. Sehingga dapat mengelabuhi sebagian masyarakat kita dan menakut-nakuti mereka yang memang mempercayai itu.
Sebenarnya jenis jin Al-Arwah ini termasuk golongan jin yang sangat kuat karena mereka dapat menjelmakan dirinya sebagai apasaja dengan mengerahkan kekuatan ilmu yang dimilikinya dan disebut nakal karena selalu menggoda dan menakut-nakuti manusia.
Bila diibaratkan manusia, maka Al-Arwah semacam preman yang suka usil terhadap masyarakat terutama terhadap perempuan-perempuan yang lewat dijalan.
5. As-Syaiton
berbeda dengan Al-Arwah, As-Syaiton adalah jenis jin yang selalu menggoda manusia dari segi keimanan,kerohanian dan kejiwaan. As-Syaiton sangat berbahaya dibanding jenis jin yang lainnya karena As-syaiton dapat merasuk kedalam hati manusia untuk membisikkan kekafiran,keingkaran dan kejahatan.
dalam Surat An-Naas dijelaskanbahwasanya bukan hanya jin jahat dan ingkar yang termasuk dalam kategori As-Syaiton melainkan manusia yang berperilaku dzolim dan melacurpun termasuk dalam kategori ini. mengenai hal ini ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa setan adalah sebuah sifat jahat dari manusia dan jin. boleh jadi kesimpulannya adalah setan bukanlah merupakan wujud atau benda melainkan sifat dan perbuatan.
Catatan
meskipun sebagian jin dapat menyerupai wujud apapun namun jin tidak bisa merubah wujudnya seperti Para Nabi, Aulia,Wali. karena Allah SWT tidak memperkenankannya.
wallahu a'lam.
Anda sedang membaca artikel Macam-macam / Jenis Jin Anda bisa menemukan artikel Macam-macam / Jenis Jin dengan url http://qirabablog.blogspot.com/2010/09/macam-macam-jenis-jin.html, Anda boleh menyebarkannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Macam-macam / Jenis Jin ini bermanfaat bagi semua teman-teman, namun jangan lupa untuk meletakkan link Macam-macam / Jenis Jin sebagai sumbernya.
Bagikan Artikel Ini :

2 komentar:

Pengunjung Yang Baik Selalu Memberi Komentar..

 
Support : Annay Bae | Fahim AWR | Fahim AWR
Copyright © 2013. Quirabanes Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger